BLOG PEMBELAJARAN

Hal-hal yang Perlu dihindari Orang tua pada saat bersama Anaknya

Salam pembaca yang budiman terutama para orang tua yang sedang mempunyai anak-anak kecil dan para pemerhati anak kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya mengenai hal-hal yang perlu dihindari orang tua pada saat bersama anaknya. Mungkin hal ini sangat sepele dan dianggap hal yang biasa saja. Tetapi perlu diketahui bahwa hal ini jangan dipandang sebelah mata. Bahwa pada saat kita bersama anak-anak kecil terutama anak seusia antara 1-6 tahun harus hati-hati dalam bertindak.
Rata-rata orang tua yang sedang mempunyai anak kecil pasti mau tidak mau juga beraktifitas seperti orang biasa lainnya. Namun perlu diperhatikan aktifitas yang dilakukan oleh orang tua sesara otomatis akan terekam di otak anak-anaknya jika pada saat bersamanya. Oleh sebab itu, para orang tua harus berhati-hati dan seksama jika beraktifitas sesuatu bersama anaknya. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu di hindari oleh para orang tua pada saat beraktifitas bersama anaknya. Diantaranya:

1. Jangan sekali-kali bermain Gadget di hadapan anak-anak
Pada saat anda bermain Gadget di hadapan anak-anak maka si anak akan melihat apa yang di pegang orang tuanya dan si anak pasti akan memintanya karena Gadget anggapan si anak adalah hal yang unik dan di dalamnya pasti banyak hal-hal yang aneh. Apalagi jika si anak sudah mengenal Gadget hal ini sangat sulit untuk digantikan dengan yang lain. Oleh sebab itu, bijaknya para orang tua harus meminimalisi menggunakan Gadget jika dihadapan orang tua. Saran saya jika menginginkan bermain Gadget maka diusahakan si anak sudah dalam kondisi tidur atau tidak sedang bersama kita.
2. Jangan berkata yang buruk
Hal ini sudah selayaknya jangan dilakukan di hadapan anak-anak. Di hadapan umumpun juga diusahakan jangan sekali-kali dilakukan. Kata-kata orang tua akan selalu tertanam pada si anak hingga menjadikan karakter pribadinya, dikarenakan si anak akan lebih mudah menerima bahasa sang ibu. Kenapa sang ibu?. karena sang ibu anggapan si anak adalah orang yang paling dekat bersamanya. Dengan adanya hal ini maka orang tuh hrus bisa lebih bijak berbicara dan berkata sesuatu jika sedang di hadapan anak-anak.
3. Jangan ceroboh memilih pengasuh anak
Para orang tua yang sibuk bekerja dan sedang mempunyai momongan kebanyakan mereka memilih para pengasuh untuk mengasuh anaknya. Biasanya para orang tua tidak mau repot-repot dalam memilih pengasuh anaknya yang penting sudah masuk kursus pengasuh. Namun, jangan dianggap sepele hal ini sudah banyak terbukti pengasuh yang mengondol atau mencuri anak majikannya. Supaya tidak salah perhitungan dalam memilih pengasuh yang baik kita minimal sudah tau seluk beluk si pengasuh tersebut.
4. Jangan bertindak atau berprilaku salah dihadapan anak-anak
Kebiasaan ini masih sering terjadi pada orang tua umumnya yang tidak menghiraukan anaknya. Terkadang tindakan kita bisa lepas kendali seperti memukul-mukul benda yang tidak menentu maka hal ini secara otomatis akan direkam oleh si anak. Pada saat seorang ibu memukul-mukul benda di hadapan si anak, secara langsung anak akan reflek menirukan gerakan ibunya. Krena anak seusia 1-6 tahun masih fase meniru. Oleh sebab itu, para orang tua harus bertindak yang baik jika dihadapan anak-anaknya.

Empat hal di atas sebisa mungkin harus dihindari para orang tua jika sedang memiliki anak-anak usia antara 1-6 tahun. Para pendidik khususnya guru PAUD juga bisa menerapkan 4 metode di atas.

Sekian artikel yang saya tulis di atas. Saya sampaikan meski satu artikel.

Labels: MENDIDIK ANAK

Thanks for reading Hal-hal yang Perlu dihindari Orang tua pada saat bersama Anaknya . Please share...!

0 Comment for "Hal-hal yang Perlu dihindari Orang tua pada saat bersama Anaknya "

Back To Top