BLOG PEMBELAJARAN

NAMA GELAR YANG DIMILIKI PARA NABI



Kali ini saya akan membagikan materi mengenai agama yaitu tepatnya tentang nama gelar yang disandang para nabi. Berangkat dari pengalaman pada saat mengajar di Sekolah Dasar tentang materi gelar-gelar yang disandang para nabi menjadikan saya ingin berbagi dengan para pembaca khususnya yang sedang mencari referensi tentang artikel yang saya tulis ini.
Selamat membaca.
Gelar Para Nabi dan Rasul :

  • Nabi Adam AS adalah Syafi’ullah
  • Nabi Nuh AS adalah Habibullah atau Najiyyullah. Najiyullah mempunyai arti yang bermunajat kepada Allah. Munajat itu sendiri bermakna doa sepenuh hati kepada Tuhan untuk mengharapkan keridaan, ampunan, bantuan, hidayat.
  • Nabi Ibrahim AS adalah Khalilullah. Khalilullah diartikan yaitu kekasih Allah. Nabi Ibrahim juga mendapatkan gelar abul anbiya' yang mempunyai artinya bapaknya para nabi.
  • Nabi Musa AS adalah Kalimullah. Kalimullah mempunyai arti orang yang diajak bicara secara langsung oleh Allah Subkhanallahu wata’ala. Pad waktu itu Nabi Musa langsung berbicara kepada Allah swt di bukit Thurisina. Sehingga beliau mendapat gelar Kalimullah.
  • Nabi ‘Isa AS adalah Khalifatullah. Khalifatullah mempunyai arti Khalifah secara bahasa berarti pengganti. Dengan demikian, khalifatullah berarti pengganti Allah swt di bumi. Pengganti bukan berarti manusia sama dengan Allah swt, tetapi manusia mempunyai tugas-tugas tertentu yang harus dijalankan sesuai dengan petunjuk Allah swt.
  • Nabi Muhammad SAW adalah Rasulullah. Rasulullah mempunyai arti utusan Allah (Nabi Muhammad saw.) Nabi Muhammad SAW juga memiliki gelar Al Amin Ketika Muhammad berumur 35 tahun, ia ikut bersama kaum Quraisy dalam perbaikan Kakbah. Pada saat pemimpin-pemimpin suku Quraisy berdebat tentang siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad (batu hitam), Muhammad dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan penyelesaian adil dan menyatukan para suku-suku di Mekkah pada waktu itu. Saat itu ia dikenal di kalangan suku-suku Arab karena sifat-sifatnya yang terpuji. Kaumnya sangat mencintainya, hingga akhirnya ia memperoleh gelar Al Amin yang artinya “orang yang dapat dipercaya”.As-Saadiq Diriwayatkan pula bahwa Muhammad adalah orang yang percaya sepenuhnya dengan keesaan Tuhan. Ia hidup dengan cara amat sederhana dan membenci sifat-sifat tamak, angkuh dan sombong yang lazim di kalangan bangsa Arab saat itu. Ia dikenal menyayangi orang-orang miskin, janda-janda tak mampu dan anak-anak yatim serta berbagi penderitaan dengan berusaha menolong mereka. Ia juga menghindari semua kejahatan yang sudah membudaya di kalangan bangsa Arab pada masa itu seperti berjudi, meminum minuman keras, berkelakuan kasar dan lain-lain, sehingga ia dikenal sebagai As-Saadiq yang berarti “yang benar”. Sebenarnya masih banyak lagi gelar yang disandang Nabi Muhammad SAW menurut riwayat mencapai 201.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah ilmu para pembaca. Mengingat penulis disini masih pemula jika ada kesalahan baik itu dari sistematika penulisan atau kebenaran materinya maka penulis mohon kerjasamanya untuk saling tukar ilmu.
Labels: MATERI AGAMA

Thanks for reading NAMA GELAR YANG DIMILIKI PARA NABI. Please share...!

0 Comment for "NAMA GELAR YANG DIMILIKI PARA NABI"

Back To Top