BLOG PEMBELAJARAN

Hati-hati mengambil makanan sebelum ditawarkan pemiliknya

Memang dalam hal mengambil sesuatu apapun baik itu makanan atau benda benda lain harus sepengetahuan pemiliknya. Namun bagaimana jika mengambil makanan atau hidangan yang tersedia namun belum ditawarkan oleh tuan rumahnya?. Tentunya hal ini akan lebih menarik. Apakah hukumnya sama dengan mengambil barang milik orang lain tanpa meminta izin.
Jika memang sama maka hukum ini sama seperti ghosop. Meskipun terkadang hal ini biasa dianggap sebagai kebudayaan. Terkadang sipemilik barang itu ada yang ikhlas dan ada yang tidak ikhkas. Hal ini bisa termasuk hukumnya ghosob.
Pengertian ghosob
Ghosob menurut bahasa: adalah mengambil sesuatu secara dholim (bukan haknya).Ghosob menurut istilah : menguasai hak orang lain secara dahlim permusuhan dan dengan cara yang tidak benar.
Contoh ghosob ini sangat banyak misalkan: merubah batas tanah, mencopet di kantong orang, setiap barang yang diambil dari seseorang dengan cara tidak halal atau dholim maka ini yang dimaksud dengan ghosob, misalkan: menipu, curang, khiyanat, minjam uang kemudian tidak mengembalikan, dan lain sebagainya.
Hukum Ghosob:
Hukum ghosob: haram menurut ijma’ kaum muslimin, allah berfirman:
“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, Padahal kamu mengetahui”. (al-Baqarah : 188)
Kini teman teman bisa memaknainya sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman kebudayaan yang ada di daerah teman teman. Apakah hal ini bisa dikatakan kejadain yang umun normal atau hal yang menyimpang dari ketentuan. Jika dianggapnya kurang normal maka hindarilah namun, jika kejadian ini masih dianggap normal dan umum terjadi maka bisa di terapkan dengan syarat jangan berlebihan.

Labels: MATERI AGAMA

Thanks for reading Hati-hati mengambil makanan sebelum ditawarkan pemiliknya. Please share...!

0 Comment for "Hati-hati mengambil makanan sebelum ditawarkan pemiliknya"

Back To Top