BLOG PEMBELAJARAN

Perbedaan Manusia, Malaikat, Jin, dan Setan


Oke para pembaca disini saya akan membahas judul di atas dengan mengutip ceramah dari Ustadz Khalid Basalamah.
Karena saya sendiri terkadang bertanya,
Q
Apa itu setan?
A
….
Q
Apakah setan itu juga makhluk?
A
….
Q
Apa bedanya setan dan Jin?
A
….
Q
Apakah Jin itu bisa berinteraksi dengan manusia?
A
….
Q
Apakah manusia bisa digolongkan setan juga?
A
….

Nah pertanyaan di atas akan kita bahas sedikit demi sedikit, namun jika dalam penulisan artikel ini ada beberapa kesalahan mohon koreksinya, ya. Karena penulis merasa hanya manusia biasa yang sangat banyak kekurangannya dan jauh dari kesempurnaan. Karena kesempurnaan hanyalah dimiliki oleh Allah Swt.
====èLangsung saja ke pambahasannya….====è
Ada makhluk Allah yang bernama Setan. Siapa setan ini? Setan ini yang diambil dari istilah dari Jin. Allah menciptakan malaikat dari cahaya, malaikat tidak memiliki nafsu. Malaikat diberi tugas menjaga langit, menurunkan hujan, meniupkan ruh, mencabut ruh, membagi rizki, meniup sangkala/ terompet, menyampaikan wahyu itu merupakan tugas malaikat. Bahwa apa yang kita lihat di bumi ini seperti gunung, laut, pemandangan dan keindahan yang Allah ciptakan semua itu diawasi oleh malaikat. Malaikat langsung melaksanakan tugas dari Allah tanpa ada paksaan sedikitpun, karena mereka tidak memiliki hawa nafsu. Diistilahkan malaikan adalah makhluk bersayap yang selalu taat kepada Allah.
Allah menciptakan manusia diciptakan dari tanah, Allah menciptakan Jin dari api. Berbeda dengan Malaikat yang tidak memiliki nafsu. Manusia dan Jin memang diberikan beban berupa hukum dan diberikan hawa nafsu. Mereka bertumbuh besar dan berkembang biak. Hal itu merupakan proses biologis. Sehingga Manusia dan Jin bisa berpotensi berprilaku baik dan sebaliknya. Makhluk yang bernama Manusia dan Jin ini digolongkan menjadi tiga yaitu;
PertamaèManusia dan Jin yang beriman, keduanya tidak akan berinteraksi satu sama lain. Mereka tau aturan tidak boleh berinteraksi. Kalau golongan itu sudah beriman tidak mungkin akan saling memanggil satu sama yang lain. Baik itu manusia memanggil Jin dan sebaliknya. Misalnya; mereka diajak bicara, diajak makan dan minum apalagi sampai menikah.
KeduaèManusia dan Jin yang fasik, APA ITU YANG FASIK? secara umum mereka masih banyak dosanya. Meskipun mereka muslim tetapi masih melakukan perbuatan dosa. Kalau dari bangsa manusia hal ini sangat banyak sekali. Bisa terlihat secara jelas misalnya manusia beribadah kepada Allah dengan rajin, tetapi masih melakukan perbuatan yang di larang Allah.
KetigaèGolongan ketiga yaitu Manusia dan Jin kafir. Tentu kata kafir para pembaca sudah fahan apa itu kafir? NAH DARI GOLONGAN JIN YANG FASIK DAN KAFIR DISEBUT “SETAN”. Jadi tidak semua Jin itu setan. Tetapi semua setan pasti Jin. Karena di alam Jin seperti halnya di alam manusia. Ada jihad, dakwah. Ada juga pendidikan, perdagangan, pembangunan.
KAITANNYA HAL INI KENAPA JIN BISA BERUMUR PANJANG? JAWABANNYA YAITUà
Hal ini penyebabnya yaitu permintaan dari Iblis kepada Allah yang meminta agar golongan mereka dipanjangkan umurnya, jika mereka umurnya tidak panjang pasti sudah jelas mereka akan dibunuh semua oleh Jin yang beriman. Maka Allah berfirman yang artinya “ Kecuali iblis (tidak mau sujud), dia termasuk golongan jin, dan dia berbuat fasik terhadap perintah Tuhannya.”(QS. Al-Kahfi: 50)
Setan-setan ini  yang dipimpin oleh iblis berusaha menyesatkan manusia dan yang paling penting bagi mereka adalah bagaimana agar manusia tidak tunduk dan takut kepada Allah. Bagaimana caranya justru teralihkan kepada dia. Makanya kata ulama “pintu nomer satu setan menguasai manusia dari pintu takut”. Mereka berusaha menakut-nakuti manusia dengan berbagai cara, karena pada saat takutnya kepada Allah, orang yang beriman misal mau jalan dimanapun, mau gelap, mau seram, jika manusia itu beriman dan ingat kepada Allah pasiti Allah akan selalu mengawasinya dan tidak merasa takut lagi kepada selain Allah.
Nah sekarang sudah tau kan apa itu Manusia, Malaikat dan Jin.
JADIè SETAN ITU ADALAHè
SETAN ADALAH BANGSA JIN YANG KELOMPOK GOLONGANNYA FASIK DAN KAFIR.
NAH SEKARANG TIMBUL PERTANYAAN APAKAH MANUSIA YANG FASIK DAN KAFIR JUGA GOLONGAN SETAN??
SAYA TUNGGU JAWABANNYA KAWAN-KAWAN PEMBACA DI KOLOM KOMENTAR YA!



Labels: MATERI AGAMA

Thanks for reading Perbedaan Manusia, Malaikat, Jin, dan Setan. Please share...!

1 Comment for "Perbedaan Manusia, Malaikat, Jin, dan Setan"

heemm, bermanfaat sekali mas tulisanya. Trimakasih ya. kunjungi juga blog saya di broindo.blogspot.com

Back To Top