BLOG PEMBELAJARAN

NAMA GELAR YANG DIMILIKI PARA NABI



Kali ini saya akan membagikan materi mengenai agama yaitu tepatnya tentang nama gelar yang disandang para nabi. Berangkat dari pengalaman pada saat mengajar di Sekolah Dasar tentang materi gelar-gelar yang disandang para nabi menjadikan saya ingin berbagi dengan para pembaca khususnya yang sedang mencari referensi tentang artikel yang saya tulis ini.
Selamat membaca.
Gelar Para Nabi dan Rasul :
  • Nabi Adam AS adalah Syafi’ullah memiliki arti yang disucikan. Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah SWT.
  • Nabi Nuh AS adalah Habibullah atau Najiyyullah. Najiyullah mempunyai arti yang bermunajat kepada Allah. Munajat itu sendiri bermakna doa sepenuh hati kepada Tuhan untuk mengharapkan keridaan, ampunan, bantuan, hidayat.
  • Nabi Ibrahim AS adalah Khalilullah. Khalilullah diartikan yaitu kekasih Allah. Nabi Ibrahim juga mendapatkan gelar abul anbiya' yang mempunyai artinya bapaknya para nabi.
  • Nabi Musa AS adalah Kalimullah. Kalimullah mempunyai arti orang yang diajak bicara secara langsung oleh Allah Subkhanallahu wata’ala. Pad waktu itu Nabi Musa langsung berbicara kepada Allah swt di bukit Thurisina. Sehingga beliau mendapat gelar Kalimullah.
  • Nabi ‘Isa AS memiliki gelar Al-Masih. Al-Masih berarti yang diurapi, mengusap atau membelai", berasal dari kata "masaha".
  • Nabi Muhammad SAW adalah Rasulullah. Rasulullah mempunyai arti utusan Allah (Nabi Muhammad saw.) Nabi Muhammad SAW juga memiliki gelar Al Amin Ketika Muhammad berumur 35 tahun, ia ikut bersama kaum Quraisy dalam perbaikan Kakbah. Pada saat pemimpin-pemimpin suku Quraisy berdebat tentang siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad (batu hitam), Muhammad dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan penyelesaian adil dan menyatukan para suku-suku di Mekkah pada waktu itu. Saat itu ia dikenal di kalangan suku-suku Arab karena sifat-sifatnya yang terpuji. Kaumnya sangat mencintainya, hingga akhirnya ia memperoleh gelar Al Amin yang artinya “orang yang dapat dipercaya”.As-Saadiq Diriwayatkan pula bahwa Muhammad adalah orang yang percaya sepenuhnya dengan keesaan Tuhan. Ia hidup dengan cara amat sederhana dan membenci sifat-sifat tamak, angkuh dan sombong yang lazim di kalangan bangsa Arab saat itu. Ia dikenal menyayangi orang-orang miskin, janda-janda tak mampu dan anak-anak yatim serta berbagi penderitaan dengan berusaha menolong mereka. Ia juga menghindari semua kejahatan yang sudah membudaya di kalangan bangsa Arab pada masa itu seperti berjudi, meminum minuman keras, berkelakuan kasar dan lain-lain, sehingga ia dikenal sebagai As-Saadiq yang berarti “yang benar”. Sebenarnya masih banyak lagi gelar yang disandang Nabi Muhammad SAW menurut riwayat mencapai 201.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah ilmu para pembaca. Mengingat penulis disini masih pemula jika ada kesalahan baik itu dari sistematika penulisan atau kebenaran materinya maka penulis mohon kerjasamanya untuk saling tukar ilmu.
Labels: MATERI AGAMA

Thanks for reading NAMA GELAR YANG DIMILIKI PARA NABI. Please share...!

5 Comment for "NAMA GELAR YANG DIMILIKI PARA NABI"

Apa gelap nabi Adam dan nabi Yusuf,..misalnya nabi Ibrahim kholilulloh..

untuk nabi isa mohon dikoreksi mas. tulisan ini menggiring opini seakan-akan nabi isa seperti yesus yg turun kebumi sebagai pengganti Alloh.

TERPUJILAH TUHAN YESUS KRISTUS
muslim ga tau siapa YAHWEH/YHWH, YAHWEH ITULAH YESUS KRISTUS
KARNA YAHWEH ADALAH ALLAH JAGAD RAYA ALIAS SANG KHALIK
MAKA DIA DIPANGGIL DGN NAMA TUHAN YESUS KRISTUS
TUHAN <---
apaan awloh2, dewa berhala Arab ga ada nama diri selain awloh, sesatttt, maka dari itu tobat jgn sembah Iblis, Iblis tidak mau anda selamat kenal SIAPA SANG KHALIK itu.
Iblis jadi tuhan allah palsu menyaingi YAHWEH...
Baca Alkitab MAKANYA dul...

Hadeh, mana dari alkitab atau taurat yang menyatakan yesus itu yahweh

Back To Top