BLOG PEMBELAJARAN

5 Cara Sukses Dalam Menyusun Skripsi

Ada lima hal yang bisa menjadikan kita sukses dalam penyusunan skripsi diantaranya adalah Niat pada tujuan, Fokus pada satu tema, Menentukan target, Bekerja keras, Berdoa sesuai keyakinan. Satu persatu akan saya bahas di bawah ini. Artikel yang saya tulis ini berdasarkan dari pengalaman pribadi saya dan orang-orang yang pernah menyuaun skripsi.

1.      Niat pada tujuan
Pertama yaitu ada niat. Kenapa niat saya posisikan ke satu? Karena sesuatu apapun harus diawali dengan niat. Begitu juga dalam proses penyusunan skripsi. Niat sama artinya suatu yang akan kita capai. Dalam menjalankan sebuah niat tentu kita tidak terlepas pada tujuan yang kita capai. Niat dalam proses penyusunan skripsi merupakan dasar yang utama maka harus di persiapkan semuanya dengan sangat matang. Yang perlu disiapkan yaitu hal-hal yang berkaitan dengan penelitian tersebut.
2.      Fokus pada tema
Fokus tema merupakan proses yang kedua setelah kita mempunyai niat. Dalam pemilihan tema skripsi kita bisa mempertimbangkan hal-hal seperti tema yang kita sukai, tema yang sedang aktual, tema yang jarang diteliti, tema yang unik, dll. Poin yang paling penting yaitu tidak boleh plagiat atau meniru terhadap skripsi orang lain. Pemilihan tema juga jangan sampai menyulitkan proses selanjutnya. Jika dirasa sebuah tema sudah terpilih maka proses selanjutnya yaitu diajukan tema tersebut pada pihak kampus. Jika tema yang kita ajukan sudah disetujui maka langkah yang bisa kita lakukan yaitu tetap fokus mengerjakan penelitian dengan tema tersebut. Jangan sampai kita bimbang pada tema yang sudah kita pilih. Jika kita bimbang maka akan menyebabkan terulurnya waktu. Biasanya seorang mahasiswa jika mengalami kesulitan dan menemui kendala dalam proses penyusunan skripsi pada akhirnya akan berfikiran untuk menganti tema lain. Padahal hal tersebut akan mengulur-ulur waktu. Maka poin yang paling penting adalah selalu fokus dan tetap teguh pendirian terhadap tema yang sudah kita pilih. Hal yang penting lagi yaitu jika kita menemui permasalahan atau kendala dalam penyusunan skripsi jangan malu tanya atau konsultasi kepada pembimbing atau teman kita yang dianggap lebih tau dari kita.
3.      Menentukan target
Menentukan target dalam penyusunan skripsi sangatlah penting bagi mahasiswa yang ingin cepat-cepat lulus dan wisuda. Terkecuali bagi mahasiswa yang ingin nyantai dalam penyusunan skripsi. Namun, alangkah lucunya jika seorang mahasiswa tidak suka lulus dengan cepat dan meraih predikat cumloude. Target dalam penyusunan skripsi biasanya kita bisa melihat kapan batas terakhirnya jadwal akhir ujian. Jika tanggal yang telah ditentukan sudah ada maka kita membuat target penyusunan skripsi. Alangkah baiknya jika penyusunan skripsi selesai sebelum tanggal yang sudah ditentukan. Dengan adanya target penyusunan skripsi maka seorang mahasiswa pada umumnya akan bekerja keras untuk menyelesaikan penelitiannya supaya tidak jatuh tempo.
4.      Bekerja keras
Bekerja keras sangat berkaitan dengan target waktu penyusunan skripsi. Jika sudah ada target penyusunan skripsi maka hal yang harus kita kerjakan yaitu melaksanakan penelitian dengan kerja keras. Biasanya mahasiswa yang bekerja keras terlihat dalam penyusunan skripsi dengan sungguh-sungguh dan semangat.
Mahasiswa yang semangat akan terlihat pada saat menemui permasalahan dalam penyusunan skripsi dan tanpa menyerah serta selalu ingin memecahkan permasalahan itu. Pada intinya kerja keras yaitu selalu ingin menyelesaikan apa yang akan diraihnya dengan segala cara yang diangapnya mampu dan normal. Berbeda dengan menyusun skripsi tetapi menyuruh jasa dari pihak lain. Hal itu yang tidak diperbolehkan.
5.      Berdoa sesuai agama
Berdoa saya posisikan pada tahap terakhir. Kenapa terakhir, karena doa merupakan hal yang kita harapkan atau pasrahkan dari suatu hal yang sudah kita kerjakan atau kepada sang pencipta.
Demikian artikel tentang 5 cara sukses dalam menyusun skripsi semoga bermanfaat bagi pembaca dan khususnya kepada para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Labels: TIPS SKRIPSI

Thanks for reading 5 Cara Sukses Dalam Menyusun Skripsi. Please share...!

0 Comment for "5 Cara Sukses Dalam Menyusun Skripsi"

Back To Top