BLOG PEMBELAJARAN

Tips Memilih Judul Skripsi Supaya Cepat Diterima





Menurut banyak kalangan mahasiswa menganggap bahwa perjuangan yang paling berat untuk menjadi seorang sarjana yaitu menyusun sebuah skripsi atau penelitian. Banyak diantara mereka menganggap hal tersebut spele namun jika pada saat waktunya sudah tiba mereka mulai kebingungan. Biasanya penyusunan sebuah skripsi harus diawali dengan ide-ide atau gagasan yang menarik. Disinilah para mahasiswa mulai kesulitan untuk mencari ide-ide tersebut. Disaat mahasiswa sudah mendapatkan ide yang menurutnya terbaik palah ide tersebut sama dengan milik orang lain. Atau pada saat mahasiswa sudah menemukan ide yang unik palah ide tersebut sulit untuk diteliti. Disini saya akan membagikan pengalaman bagaimana caranya agar sebuah judul cepat diterima dan mudah dalam proses selanjutnya. Ada beberapa tips dibawah ini coba simak baik-baik ya.

1.      Memilih judul yang jarang diteliti
Maksud dari memilih judul yang jarang diteliti yaitu agar kita cepat bisa diterima oleh pihak kampus sehingga kita segera menyusun penelitiannya. Hal yang perlu diperhatiakn yaitu jangan sampai memilih judul skripsi yang akan menyebabkan kesulitan pada tahap selanjutnya. Kita bisa melihat di perpustakaan khusus yang menyediakan skripsi-skripsi dulu. Coba kita lihat kira-kira judul apakah yang masih jarang diteliti lalu kita catat sebagai referensi untuk penelitian kita. Jika kita sudah menemukan beberapa judul yang dianggap sudah baik dan memang benar-benar jarang diteliti maka bisa kita ajukan. Alangkah baiknya judul yang kita pilih yaitu mempunyai nilai keunikan tersendiri atau kekhasan. Jarang disini maknanya bukan belum pernah diteliti, namun sebuah penelitian yang sudah diteliti namun masih sedikit itupun sudah lama penelitiannya.
2.      Memilih judul yang tidak menyulitkan proses selanjutnya
Memilih judul skripsi merupakan hal yang sangat berpengaruh pada proses selanjutnya. Jangan sampai memilih judul skripsi yang akan menyulitkan kita dalam proses selanjutnya. Hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memilih judul skripsi yaitu pertama pokok permasalahannya jelas. Baik itu subyek, obyek, maupun sumber penelitiannya. Jika judul sudah benar-benar jelas dan pasti, langkah selanjutnya yaitu mengajukan kepada pihak kampus.
3.      Memilih judul yang sedang hangat atau aktual
Pemilihan judul dalam penyusunan skripsi merupakan hal yang sangat penting. Diutamakan pemilihan judul yaitu sebuah topik yang sedang hangat dibicarakan atau dengan kata lain topik yang sedang aktual. Terus bagaimana caranya agar judul skripsi kita benar-benar masih aktual. Cara yang paling tepat yaitu kita selalu mengikuti perkembangan berita yang banyak dibicarakan. Contohnya kebijakan kurikulum 2013, masuk sekolah dengan waktu penuh atau full day school. Masih banyak contoh yang lain hal yang perlu diperhatikan yaitu kita jangan sampai keluar dari topik yang kita fokuskan. Hal yang perlu diperhatikan dalam mencari topik judul skripsi yang masih aktual yaitu kita selalu menyertai dokumentasi dari sebuah permasalahannya.
4.      Memilih judul yang sesuai dengan kemampuan dan kesukaan kita
Sangking asiknya memilih judul skripsi yang kita teliti sampai keluar dari wilayah kita. Atau bahkan judul skripsi yang kita pilih terlalu sulit untuk diteliti. Maka dalam hal ini yang perlu diperhatikan yaitu sebelum kita mencari judul skripsi, kita harus mempunyai batasan-batasan yang anggapan kita masih dalam wilayahnya. Semisal kita tidak ahli dalam bahasa asing maka kita jangan mengambil judul penelitian yang sumber utamanya dari bahasa asing. Biasanya supaya judul yang kita pilih itu bisa sesuai kemampuan kita yaitu dengan cara mendalami terlebih dahulu sebelum judul skripsi itu di ajukan ke pihak kampus.
5.      Memilih judul yang jelas sumber utamanya
Dalam penyusunan skripsi sebuah sumber merupakan hal yang utama untuk proses selanjutnya. Sumber dengan kata lain yaitu obyek yang diteliti kemudian selanjutnya dikembangkan sesuai dengan metode penelitian yang digunakan. Sumber bisa berada di kapangan atau berbentuk literatur buku. Tergantung bentuk penelitian apa yang kita lakukan apakah srudi lapangan atau studi pustaka. Biasanya pihak kampus akan menyetujui sebuah tema yang benar-benar sumber obyeknya jelas dan itupun bisa dibuktikan baik melalui dokumen kearsipan atau dokumen elektronik. Alangkah baiknya sebagai mahasiswa yang gigih harus mendalami atau terjun ke lapangan guna mendalami lingkup topik skripsi yang akan diajukan kepada pihak kampus. Setelah hal tersebut sudah dianggap meyakinkan langkah selanjutnya yaitu mengajukan judul skripsi kepada pihak kampus dengan penuh harapan dan kepastian.
Saran yang terakhir yaitu diusahakan pada saat mengajukan judul skripsi sebaiknya melihat situasi dan kondisi dari pihak kampus. Sekiranya pihak kampus sedang sibuk atau pada saat kondisi biasa-biasa saja. Jangan sampai paa saat kita mengajukan judul skripsi kebetulan dari pihak kampus ada acara menguji mahasiswa atau acara penting lainnya. Yang paling penting yaitu kita bisa menyesuaikan kondisi dari pihak kampus. Sekian artikel yang saya tulis semoga bisa menjadi jurus yang ampuh khususnya bagi mahasiswa semester akhir yang akan mengajukan judul skripsi kepada pihak kampus. Artikel di atas saya tulis berdasar saran-saran teman saya pada saat proses mengajukan judul skripsi dan pengalaman pribadi saya.
Labels: TIPS SKRIPSI

Thanks for reading Tips Memilih Judul Skripsi Supaya Cepat Diterima. Please share...!

0 Comment for "Tips Memilih Judul Skripsi Supaya Cepat Diterima"

Back To Top