kriteria yang
harus dimiliki oleh seorang guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan
efektif, diantaranya;
a.
Sifat,
guru harus
memiliki sifat antusias, memberi rangsangan, mendorong siswa untuk maju hangat,
berorientasi kepada tugas dan pekerja keras, toleran sopan dan bijaksana dapat
dipercaya, fleksibel dan mudah menyesuaikan diri demokratis, penuh harapan bagi
siswa bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar. Setidaknya seorang guru
mempunyai minimal salah satu dari sifat-sifat tersebut. Sebenarnya sifat yang
paling ideal bagi guru pada umumnya diatas yaitu fleksibel;
b.
Pengetahuan,
memiliki
pengetahuan yang memadai dalam mata pelajaran yang diampunya, dan terus
mengikuti perkembangan dalam bidang ilmunya. Kreteria ini merupakan modal awal
bagi seorang guru dalam pembelajaran, dikarenakan setiap guru rata-rata
mempunyai pengetahuan mengenai ilmu dalam bidangnya dan ilmu secara umum, oleh
sebab itu seorang guru harus mendalami ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang
yang diampunya;
c.
Apa
yang disampaikan, mampu
memberi jaminam bahwa materi yang disampaikannya mencangkup semua unit bahasan,
semua kompetensi dasar yang diharapkan siswa secara maksimal;
d.
Bagaimana
mengajar, mampu
menjelaskan berbagai informasi secara jelas dan terang memberikan layanan yang
variatif (menerapkan metode mengajar yang variatif) menciptakan dan memelihara
momentum, menggunakan kelompok kecil
secara efektif mendorong semua siswa untuk berpartisipasi, memonitor bahkan
sering mendekati siswa, mampu mengambil keuntungan dari kejadian-kejadian yang
tidak terduga;
e.
Harapan,
mampu memberi
harapan kepada siswa, mampu membuat siswa akuntabel, dan mendorong partisipasi
ornag tua dalam memajukan kemampuan akademik siswanya;
f.
Reaksi
guru terhadap siswa, mau
dan mampu menerima berbagai masukan resiko tantangan, selalu memberikan
dukungan kepada siswanya, konsisten dalam kesepakatan-kesepakatan dengan siswa;
g.
Manajemen,
mampu
menunjkkan keahlian dalam perencanaan, memiliki kemampuan mengorganisasikan
kelas sejak hari pertama dia bertugas cepat memulai kelas, melewati masa
transisi dengan baik mampu memelihara waktu bekerja serta menggunakannya secara
efesien, dapat meminimalisir gangguan, memiliki teknik untuk mengontrol kelas,
dapat memelihara suasana tenang dalam belajar, jika perlu memberi hukuman dalam
bentuk yang ringan.[1]
Manajemen merupakan salah satu kreteria yang sangat penting. Pada dasarnya
semua hasil dari pembelajaran terpusat pada pengelolaan atau manajemen dalam
mengatur proses pembelajaran. Tanpa perencanaan yang matang suatu pembelajaran
pasti tidak berjalan dengan lancer.
h.
Dalam
pandangan Islam pendidik mempunyai acuan;
1)
Sebagai orang yang
mampu menumbuhkan, mengarahkan, dan mengembangkan berbagai bakat, motivasi, dan
minat agar menjadi aktual dan dapat menolong dirinya (AL- Murabbi). Hal ini dapat di jalankan dan diaplikasikan dengan kombinasi
pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang inovatif;
2)
Juga sebagai orang yang
mampu memberikan pengetahuan, pengertian, wawasan, dan pemahaman yang dapat
mengubah mindset atau pola pikir (Al- Muallim);
3)
Selain itu, pendidik
juga harus dapat melindungi dan manjaga peserta didik dari berbagai pengaruh
yang dapat mengubah mental dan moral peserta didik (Al- Muzakki);
4)
Lalu, juga harus dapat
menjadi peneliti dalam bidang sains, ilmu sosial, dan agama. Orang yang
memiliki pengetahuan yang mendalam dan dapat menangkap pesan-pesan
spiritualitasnya (Al – Raikhum fi al – ilm);
5)
Maka akan memiliki
tingkat keahlian yang diakui, sehingga dijadikan rujukan (Ahl al – dzkir).[2] Tingkatan ini dapat dikatakan sebagai tingkat yang paling tinggi,
seperti; para ulama’ dan para ilmuwan yang telah menciptaka berbagai
teori-teori dalam ilmu pengetahuan maupun umum.
Labels:
MATERI UMUM
Thanks for reading KRITERIA GURU YANG BAIK. Please share...!
0 Comment for "KRITERIA GURU YANG BAIK"