BLOG PEMBELAJARAN

Cara Mencari Teman Menurut Islam


Teman memang merupakan media untuk menyalurkan isi curhatan dalam hati yang paling dalam. Tidak semudah kita bayangkan dalam mencari teman baik itu teman sebatas ikatan pertemanan atau sudah ikatan yang nantinya akan menjadi pendamping dalam hidupnya.
Tidak banyak seorang teman yang bisa menjaga kekurangan kita dan memperlihatkan kelebihan yang kita miliki. Oleh sebab itu dalam mencari teman harus memperhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilanggar. Kali ini saya akan merujuk dari kitab Alaalaa tentang bab mencari teman. Mumpung belum terlambat dalam mencari teman maka simak baik baik artikel di bawah ini.
Mencari tema
JO TAKON SONGKO WONG SIJI TAKONO KANCANE.
KERONO SAKTEMENE KANCA MANUT KANG NGANCANI.
YEN ONO KONCO OLO LAKONE NDANG DOHONO.
YEN ONO KONCO BAGUS ENGGAL NDANG KANCANONO

Janganlah engkau bertanya tenteng kepribadian orang lain lihat saja temannya,karena seseorang akan mengikuti apa yang dilakukan teman-temannya, bila temannya tidak baik maka jauhilah dia secepatnya, dan bila temannya baik maka temanilah dia kamu akan mendapatkan petunjuk.
Keterangan
Dalam mencari ilmu peran teman dan lingkungan sangat berpengaruh dalam keberhasilan dan kegagalan santri menggapai cita-citanya,tidak sedikit santri yang berpotensi akhirnya gagal hanya karena salah pergaulan, maka kita harus pandai-pandai mencari teman bergaul,teman yang baik bukan teman yang selalu menuruti keinginanmu tapi teman yang baik adalah teman yang mau menunjukkan jalan benar ketika kamu salah,mendukung kamu ketika kamu benar,bersama kamu ketika kamu dalam kesulitan merasa gembira ketika kamu senang, nah untuk mencari teman yang baik kamu hanya perlu melihat pergaulan dari orang yang akan kamu jadikan teman,bila teman pergaulannya baik temanilah dia, sebaliknya bila teman pergaulannya tidak baik hindarilah dia secepatnya, teman yang tidak baik bagaikan bara akan membakar kamu menjadi abu hancur lebur tidak ada gunanya, sementara teman yang baik bagaikan pupuk yang akan mengembangkan kemampuanmu dan mendorong kamu untuk menghasilkan semaksimal kemampuan kamu,
Seorang teman yang baik adalah mereka yang tidak memujimu jika kamu berhasil tetapi teman yang baik adalah mereka yang bisa mengujimu hanya demi untuk kemajuan kamu sendiri. Teman yang baik juga tidak terus terusan menyulitkanmu namun teman yang baik adalah mereka yang selalu memberi kesempatan bersama untuk terwujudnya tujuan yang dicita-citakan. Poin yang penting dalam mencari teman adalah JANGAN LANGSUNG KENAL DEKAT-KENALILAH TERLEBIH DAHULU PRILAKUNYA DAN PENAMPILANNYA-JIKA TEMAN SESAMA JENIS KELAMIN JANGAN TERLALU DEKAT-JANGAN SAKITI JIKA SUDAH MENJADI TEMANMU-PERKENALKAN KEPADA KEDUA ORANGTUAMU.
Itu saja yang bisa saya paparkan tentang mencari teman menurut Islam.


Labels: MATERI AGAMA

Thanks for reading Cara Mencari Teman Menurut Islam. Please share...!

0 Comment for "Cara Mencari Teman Menurut Islam"

Back To Top