BLOG PEMBELAJARAN

Nama-Nama Lain Hari Kiamat

Berawal dari proses pembelajaran di sekolah dasar mengenai hari kiamat saya molai mencari apa saja nama-nama lain hari kiamat itu dari beberapa sumber. Akhirnya saya putuskan untuk menuliskan dan mempostingnya di blogger saya. Supaya bisa bermanfaat bagi orang-orang khususnya yang akan mencari materi tentang hal ini. Hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Bagi umat manusia yang beragama Islam diwajibkan mempercayainya. Jika tidak mempercayai dengan rukun iman yang kelima ini sama dengan kafir. Nama-nama hari kiamat ini akan saya sembilan nama diantaranya yang akan saya bahas pada artikel ini.
1.         Yaumul Hisab merupakan hari perhitungan amal yang telah diperoleh manusia selama hidupnya di dunia. Baik itu amal baik maupun amal buruk. Oleh sebab itu manusia diberi kesempatan oleh Allah untuk menenam kebaikan-kebaikan selama hidupnya di dunia. Jikia Malaikat Isrofil sudah meniupkan terompet tanda hari kiamat datang maka manusia tidak ada kesempatan lagi untuk menanam amal kebaikan di dunia lagi.
2.         Yaumul Mizan yaitu hari penimbangan. Karena mizan itu sendiri memiliki arti timbangan maka hari itulah amal-amal manusia selama kehidupannya di dunia akan ditimbang baik itu amal baik maupun amal buruk. Pada waktu ini para manusia ditentukan apakah berat amal baiknya atau berat amal buruknya yang nantinya akan menentukan masuk atau tidaknya di surga maupun neraka.
3.         Yaumul Ba’ats merupakan hari kebangkitan manusia dari alam kubur.
4.         Yaumul Jaza’ merupakan hari pembalasan para manusia berdasarkan perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan selama hidupnya di dunia.
5.         Yaumul Mahsyar merupakan hari berkumpulnya manusia di padang Mahsyar. Pada waktu ini manusia akan terlihat berdasarkan amal perbuatan yang telah dilakukannya. Jika manusia di dunianya berbuat amal kebaikan maka pada waktu di Padang Mahsyar akan merasakan kehidupan yang nyaman namun, sebaliknya jika manusia selama hidupnya di dunia melakukan perbuatan yang buruk maka di Padang Mahsyar akan merasakan kesusahan.
6.         Yaumul Akhir merupakan hari Penghabisan atau kehancuran seluruh alam semesta.
7.         Yaumul Qariah merupakan hari Keributan yang dialami oleh semua manusia mengenai hari kiamat.
8.         Yaumul Zalzalah merupakan hari kegoncangan dan keributan.
yaumul zalzalah artinya hari akan adanya sebuah goncangan karna dalam bahasa arab zalzalah berarti goncangan karna ketika manusia akan berkata 'mengapa bumi menjadi seperti ini dan mengeluarkan beban di kandung nya '
إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا
Idzaa zulzilatil ardhu zilzaalahaa
"Apabila bumi digoncangkan, dengan goncangannya (yang dahsyat)," – (QS.99:1)

9.         Yaumul Fahl merupakan hari keputusan.
Itu saja yang bisa saya sampaikan dari artikel tentang nama-nama lain hari kiamat semoga bisa menambah wawasan para pembaca. Jika ada salah dari segi penulisa maupun isi materi mohon diluruskan karena penulis juga masih tahap belajar.


Labels: MATERI AGAMA

Thanks for reading Nama-Nama Lain Hari Kiamat. Please share...!

0 Comment for "Nama-Nama Lain Hari Kiamat"

Back To Top