BLOG PEMBELAJARAN

METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK

Mendidik anak pada usia dini tentu sangat menantang dan menyenangkan. Meski terkadang membuat repot para orang tua dan juga guru. Pada umumnya para guru dan orang tua yang baru menangani pertamakalinya bias dibuat kebingungan. Kebanyakan anak pada usia dini yaitu senang aktivitas bermain, bercerita dan bernyanyi. Terkadang ada orang tua yang tidak tau apa keinginan anaknya, sehingga mereka cenderung untuk memarahinya. Padahal hal itu tidak benar. Dibawah ini
ada beberapa metode untuk pembelajaran anak diantaranya:
      1.     Circle Time
Kegiatan pembelajaran dengan metode ini anak-anak disuruh melingkar dan guru berada di tengah atau di tepi lingkaran. Berbagai kegiatan, seperti membaca cerita, membaca pantun, membaca puisi, dongeng dapat dilakukan memalui metode ini. Metode ini sering digunakan oleh guru-guru untuk mengkondisikan peserta didik yang masih rame atau tidak memperhatikan guru.
      2.     Circle the Time
Kegiatan pembelajaran dihubungkan dengan kalender dan waktu. Guru bias menandai waktu-waktu atau tanggal pada kalender yang terkait dengan berbagai kegiatan, seperti Hari Kartini, Hari Nasional, Hari Pahlawan, Hari Besar Agama. Kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu guru mengolahnya agar peserta didik disuruh untuk memperagakan apa yang mereka pilih pada tanggal tersebut. Misalnya pada Hari Kartini peserta didik disuruh untuk bermain peran dengan mengenakan pakaian Kartini, dan sebagainya masih banyak yang lain. Tema yang dipilih disesuaikan dengan tanggal yang ada. Metode ini biasanya diterapkan pada peserta didi yang senang  dengan kreatifitas. Hendaknya guru menerapkan metode ini pada peserta didik yang tidak mempunyai sifat pemalu.
      3.     Show and Tell
Kegiatan dengan menggunakan metode ini sangatlah efektif, karena metode ini baik digunakan untuk mengunkapkan kemampuan, perasaan dan keinginan anak. Setiap akan melakukan kegiatan pembelajaran guru dapat menyuruh pesertya didik untuk menceritakan apa saja yang akan diungkapkan oleh si anak dengan keinginannya. waktu inilah guru dapat melakukan penilaian saat si anak bercerita. Gurupun dapat melanjutkan pembelajaran dengan topik certia yang telah diceritakan oleh si anak. Biasanya banyak anak akan mengungkapkan perasaannya melalui metode ini. Metode ini bisa dilakukan guru untuk mengetahui permasalahan pada anak jika sedang mengalami masalah pada si anak.
      4.     Small Project
Metode ini cukup rumit karena melatih anak untuk bertanggung jawab mengerjakan proyeknya. Biasanya metode ini dipakai untuk tugas-tugas akhir atau ulangan akhir. Proyek ini berbentuk kegiatan yang berhubungan dengan topik penting dalam penanamam nilai-nilai prilaku anak. Contoh; mengisi lembar kerja pada  setiap kegiatan sehari-hari. Metode ini cocok diterapkan pada saat akan menilai aspek sikap si anak.

Oke, di atas sudah ada empat metode pembelajaran yang bisa diterapkan kepada peserta didik dan kini tinggal perencanaan guru untuk memodifikasi dalam pembelajaran. Biasanya empat metode di atas sering digunakan oleh para guru dan orang tua untuk mengetahui indikator kemampuan anak dalam menentukan nilai kognitif, psikomotorik dan afektifnya. Semoga bermanfaat terimakasin untuk semuanya. Salam guru. 
Labels: MENDIDIK ANAK

Thanks for reading METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK. Please share...!

0 Comment for "METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK"

Back To Top